Siapa sih yang nggak kenal Ria Ricis atau Atta Halilintar? Meski tak sering wara-wiri di televisi tapi bahkan anak TK dan SD mengenal mereka. Yup, mereka terkenal sebagai Youtuber! Video-video yang mereka unggah sangat populer. Itulah sebabnya keberadaan mereka sama terkenalnya dengan selebritas lainnya.

Fenomena lain yang muncul kemudian, Youtuber menjadi salah satu profesi paling diminati. Mungkin itulah sebabnya buku ini menjadi semacam “kitab panduan” bagi orang-orang yang ingin menjadi content creator. Dimulai dengan pengenalan tentang berbagai video di youtube, syarat menjadi youtuber, pengaturan hingga monetize youtube pun dibahas di awal. Tak lupa diikuti teknisnya semisal mengunggah video , mendesain thumbnail, menggunakan advanced settings, mengenali kontrol dalam video, menambah audio, menyimpan arsip, dsb. All about youtube dikupas tuntas lengkap dengan gambarnya.

Dan bagian yang paling saya suka tentu saja bahasan tentang mengedit video, after effects untuk youtuber dan gear untuk youtuber. Tiga bagian terakhir ini menurut saya melengkapi bahasan jika ingin menjadi youtuber paling cespleng sebagaimana judul buku.

Tuntas mengamati, saya harus berani mengatakan bahwa menjadi content creator bukanlah perkara mudah. Ide kreatif yang dituangkan hingga menjadi sebuah tayangan lalu dinikmati banyak orang itu melewati proses panjang. Video yang kita tonton dalam 5 menit, syutingnya bisa memakan waktu dua hari diiringi editing selama lima hari. Meski…kembali lagi, semua tergantung gear dan skill yang dimiliki youtuber dan timnya.

Sayangnya sih, meski penjelasan gamblang namun ilustrasi yang disajikan berukuran kecil dan tak berwarna. Tapi secara keseluruhan, bagi yang ingin tahu tentang youtube dan bagaimana menjadi youtuber, buku ini layak dinikmati.

 

Judul Buku : Jadi Youtuber (A-Z) Cara Menjadi Youtuber Paling Cespleng

Penulis : Jubilee Enterprise

Penerbit : Elex Media Komputindo

Peresensi : Sinta

 

#resensi 10 Juli 2019 untuk WAG Baca Yuk!

*Ketika baru ingat punya simpanan draft yang tumpukannya udah menjulang, hehe… Maafkeun, pemilik rupanya udah lupa ternyata punya tulisan yang belum diterbitkan… 😇

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *