Pengen bawa oleh-oleh buat keluarga dan sahabat setelah menikmati liburan seru di Padang tapi masih belum punya bayangan bakal beli apa? Padang punya banyak makanan dan juga kerajinan tangan yang bisa kamu bawa pulang ke rumah. Beberapa yang paling banyak dicari oleh wisatawan adalah oleh-oleh berikut ini.

Songket

sumber:songketsiluang.com

Kain songket khas Padang menjadi oleh-oleh yang paling diburu oleh wisatawan. Selain cantik, membawa kain songket ke dalam pesawat pun mudah. Bisa langsung dimasukkan ke dalam tas dan tak perlu perlakuan khusus selama di pesawat.

Harga kain songket memang cukup mahal sih, terlebih jika tenunannya tradisional. Tapi tenang, biar bisa membawa pulang songket cantik ini, kamu bisa membeli tiket pesawat murah pulang pergi ke Padang. Nah, sisa uang transportasinya bisa buat beli songket cantik deh!

Rendang Daging

sumber:resepasik.com

Rendang memang mudah ditemukan di mana-mana, karena resto Padang ada di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Namun soal rasa, tak ada yang seenak rendang di kota asalnya. Bumbu dan daging rendang asli dari Padang benar-benar lezat, tak akan kamu temui di tempat lain.

Nggak heran kalau makanan yang satu ini juga selalu diburu jadi oleh-oleh. Sebab selain lezat, rendang juga tahan lama. Jadi aman dibawa dengan perjalanan menggunakan moda transportasi apapun.

Keripik Sanjai Balado

sumber:resepdanmasakan.com

Nah, kalau makanan yang satu ini terbuat dari singkong berbumbu balado sehingga memberi sensasi pedas manis dan gurih. Dengan bentuk makanan berupa keripik yang tahan lama, keripik sanjai balado pun cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman dan kerabat di rumah.

Tapi ingat, biar nggak remuk di perjalanan, sebaiknya bawa keripik ini ke dalam kabin pesawat ya. Kalau kamu membeli tiket pesawat murah tanpa bagasi, belilah tambahan bagasi buat meletakkan koper pakaianmu di sana beserta kripik sanjai baladonya. Dijamin aman!

Karupuak Jangek

sumber:pkscibitung.wordpress.com

Kerupuk ini terbuat dari kulit sapi, namun bentuknya lebih tipis dan memiliki cita rasa gurih yang berbeda dengan kerupuk kulit di kota lainnya. Kalau buat oleh-oleh, kamu bisa membelinya dalam dua macam bentuk, yaitu mentah atau matang.

Harga kerupuk ini tergantung pada kualitas yang kamu dapatkan. Semakin bagus kualitas kulitnya, maka harganya pun semakin mahal. Soal rasa, tentu berbeda antara yang murah dengan yang mahal ya?

Biar lebih tahan lama, kerupuk mentah bisa jadi pilihan buat oleh-oleh. Karupuak jangek mentah tidak hanya bisa jadi oleh-oleh kerabat di rumah, tapi juga bisa dikirim ke luar negeri loh.

Arai Pinang

sumber:resepnusantara.id

Makanan yang satu ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan rempah dan bunga pinang sehingga disebut Arai Pinang. Rasanya unik, dengan daya tahan yang cukup lama. Tanpa pengawet sekalipun, arai pinang bisa disimpan selama dua bulan. Cocok banget kan jadi oleh-oleh dari luar kota?

Rasa kue ini unik dan pastinya nggak akan kamu temui di kota lain. Selain lezat, arai pinang mudah dibawa pulang sehingga tak perlu perlakuan khusus untuk menyimpannya selama perjalanan di atas pesawat.

Masih ada banyak lagi makanan dan juga kerajinan khas Padang yang bisa kamu bawa pulang. Namun beberapa pilihan di atas, jangan sampai kelewatan dibeli ya? 😉

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *