“Apa kabar? Sehat?”

Pertanyaan yang diajukan penulis dalam prakata ini menarik perhatian saya. Bagaimana tidak? Ini pertanyaan sederhana yang paling sering kita dengar bahkan lontarkan pada orang lain. Ya kan?? Mayoritas menjawab sehat. Tapi apakah kita benar-benar sehat? Penulis menyuruh agar kita menanyakan pertanyaan ini pada diri sendiri. Kemudian menjawabnya dengan jujur.

Kesadaran bahwa gaya hidup akan mempengaruhi kualitas kehidupan manusia telah umum dipahami. Namun memahami secara teoritis saja tak serta merta membuat kita mampu melaksanakannya. Nyatanya, ada banyak sekali godaan yang membuat niat mempraktikkan gaya hidup sehat akhirnya terabaikan. Entar dulu! Mulai besok deh! Begitu terus! Ini jawaban jujur saya…😂

Hei, ternyata keadaan ini menjadi pengalaman banyak orang! Termasuk penulis. Ketika akhirnya gaya hidup yang selama ini dijalani berdampak pada berbagai macam keluhan penyakit, barulah mulai berbenah. Berangkat dari sanalah semangat penulis muncul untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya tentang pola makan sehat. Yang nantinya diharapkan menuai jawaban, bahwa kita benar-benar sehat.

Dimulai dengan menjelaskan mengapa makan sehat (bergizi) dan pola makan sehat itu penting bagi kita? Penulis memaparkan filosofi tentang makanan dan cara makan. Bahwasanya kita makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan. Dan menyuruh kita menanyakan (lagi-lagi pada diri sendiri) sebelum makan, “apakah makanan ini menjadi manfaat untukku atau malah menjadi penyakit??” (hal. 26)

Secara umum, isi buku ini sendiri sejalan dengan konsep B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) yang digagas pemerintah saat ini untuk menggantikan konsep 4 sehat 5 sempurna yang terlanjur mendarah daging di tengah masyarakat.

Bahasa yang ringan dan mengalir, akan terasa seperti penulis sedang berdialog santai dengan pembaca. Ilustrasinya keren. Tambah lagi bertebaran quotes yang memotivasi pembaca untuk merubah pola makannya menjadi lebih sehat. Juga tips-tips singkat memulai eating clean, sehingga kita tak tertekan menjalankannya. Dan di bagian akhir, tak lupa penulis menyuguhkan resep masakan rumah gaya eating clean.

Tak butuh waktu lama menghabiskan 264 halamannya. Tapi prakteknya?? Mungkin kita bisa menandai quotes lainnya, “You will never always be motivated. You just have to be disciplined” (hal. 209).

Judul Buku : Panduan Mudah Eating Clean

Penulis : Inge Tumiwa Bachrens

Penerbit : PT. Kawan Pustaka

Cetakan kedua, 2017

Peresensi : Sinta

#resensi 18 April 2019 untuk WAG Baca Yuk

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *