Mencintai dan dicintai. Dua kata ini selalu diperdebatkan tentang mana yang lebih baik? Bagi beberapa orang, lebih baik dicintai. Tapi beberapa lagi menyatakan lebih indah mencintai.

Alexei, lelaki kaya berusia 34 tahun yang bertampang biasa-biasa saja itu tak sengaja jatuh cinta. Adalah Yulia, putri dokter yang merawat kakaknya Nina dan ditemuinya secara tak sengaja. Ia begitu muda dan cantik. Sayangnya, Yulia sama sekali tak tertarik pada Alexei. Meski tahu kenyataan ini, Alexei tetap nekad melamar gadis itu. Dan meski tak mencintai Alexei, Yulia menerimanya saja karena merasa sayang jika harus melewatkan lamaran lelaki kaya itu. Lalu drama pun dimulai!

Kisah ini bercerita tentang pegulatan batin Alexei menjalani pernikahannya bersama Yulia. Tentang cinta yang didamba namun tak mudah merealisasi dalam nyata. Alexei dan Yulia, tertatih menjalani masa awal pernikahan mereka tanpa percikan cinta.

Buku 3 Tahun yang ditulis Anton Chekov pada 1885 ini konon menyorot kehidupan masyarakat Rusia era itu yang diwarnai kemunculan kelas pedagang dan pemilik pabrik serta kelas pekerja. Tokoh utamanya, Alexei, mewakili gambaran ini. Ia lahir sebagai cucu petani rendahan. Di masa kecil ia dan saudaranya hidup miskin dan terhina. Penderitaan itu baru berakhir ketika ayahnya berhasil membuka usaha dagang lalu menjadi salah satu orang kaya di Moskow.

Buku setebal 158 halaman ini habis sekali duduk membacanya di hari libur. Gambaran relasi manusia disini entah bagaimana terasa menarik dicermati. Pergulatan batin Alexei tentang makna cinta dan pernikahan, persahabatan, kasih sayang pada saudara, kebencian atas perlakuan ayahnya di masa kecil dan kemuakan pada usaha yang dibangun keluarganya, seolah menghantui hidup Alexei.

Tiga tahun. Banyak hal bisa terjadi selama kurun waktu itu. Siapa yang mengetahui masa depan?

Judul Buku : Tiga Tahun

Penulis : Anton Chekov

Penerjemah : Sapardi Djoko Damono

Penerbit : Bentang

Tahun Terbit : 2017

 

 

 

 

 

 

 

*Resensi Mei untuk WAG Baca Yuk!

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *