Judul Buku : The Healthy Habits

Penulis : dr. Giky Karwiky & Doni Osmon

Penerbit : MyBooks (Pro-U Media)

Tahun Terbit : 2011

 

 

 

 

 

Semua orang pastilah ingin hidup sehat dan produktif. Namun terkadang keinginan ini tak diiringi dengan kebiasaan yang benar. Hasilnya tentulah jauh panggang dari api. Sudah beristirahat tapi masih lelah. Sudah mengkonsumsi cukup makanan namun masih kurang bugar. Bahkan multivitamin tambahan pun seolah tak berefek. Ah, ini problem saya banget! Itulah sebabnya akhir-akhir ini saya meluangkan lebih banyak waktu untuk mengenali metabolisme tubuh dan gaya hidup sehat.

Dimulai dari membaca buku ini, para penulis menggugah kesadaran bahwa kesehatan  itu sesungguhnya dimulai dari gaya hidup. Hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari kalau tidak dilakukan dengan benar justru berefek buruk bagi kesehatan. Karena itu, sebuah hadits yang berbunyi, “amalan yang disukai Allah adalah yang lestari meskipun sedikit” yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dijadikan sebuah motivasi untuk merubah kebiasaan buruk sehari-hari. Hal-hal kecil (yang tak terpikirkan sebelumnya) ternyata membuahkan manfaat luar biasa jika terus menerus dilakukan. Masya Allah.

Air putih misalnya, umumnya kita hanya sekedar tahu bahwa ia harus banyak diminum. Itu saja! Namun kapan waktu yang tepat untuk minum banyak itu? Apa yang diminum dan berapa jumlahnya? Bagaimana dengan kebiasaan baru minum setelah rasa haus datang? Nah, buku ini memberi informasi ringan namun kaya manfaat seperti itu.

Meski hanya 158 halaman, isinya cukup membantu bagi orang-orang yang ingin memulai kebiasaan hidup sehat seperti saya. Praktis namun ilmiah sebab salah satu penulisnya memang berlatar belakang dokter. Hanya saja cetakan huruf yang kecil-kecil itu membuat mata agak lelah saat membacanya.

Ya, tubuh sehat merupakan nikmat luar biasa. Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa bangun di pagi hari dengan badan sehat dan jiwa sehat serta rejekinya dijamin pula, maka dia seperti orang yang memiliki dunia seluruhnya”. Jadi, mari jaga kesehatan dengan memperbaiki hal-hal kecil dalam hidup kita.😉

 

*Resensi buku bulan April yang tak sempat diposting… 🙂

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *