Pertama tertarik membeli novel Six Suspects ini disebabkan nama penulisnya : Vikas Swarup. Sebelumnya saya sudah nonton Slumdog Millionaire. Konon film ini lahir dari sebuah novel. Maka saking penasaran versi asli bukunya, saya sampai harus nitip teman waktu pulang ke Bandung. Wajarlah ketika akhirnya menemukan buku Vikas lainnya, saya merasa seperti anak kecil ketiban cokelat…*lebay..😝

—–

Bab pertama dimulai dengan sebuah kolom yang ditulis Arun Advani pada tanggal 25 maret bertajuk “Enam Senjata dan Satu Pembunuhan”

—–

Tak semua kematian setara. Dalam kematian pun ada sistem kasta. Penarik becak miskin yang ditikam sampai mati tidak lebih dari statistik, terkubur di halaman-halaman koran. Namun pembunuhan seorang selebriti seketika menjadi berita utama. Karena orang-orang kaya dan terkenal jarang dibunuh. Mereka menjalani kehidupan bintang lima, dan kecuali mereka overdosis karena kokain atau mengalami kecelakaan ganjil, umumnya meninggal dalam kematian bintang lima ketika mereka sudah ubanan, setelah memiliki banyak keturunan dan harta benda.

Itulah sebabnya pembunuhan Vivek “Vicky” Rai, pria tiga puluh dua tahun pemilik Rai Group of Industries dan putra Menteri Dalam Negeri Uttar Pradesh, mendominasi berita selama dua hari terakhir.

Dalam karier panjang saya yang pasang surut sebagai jurnalis investigatif, saya telah membongkar banyak hal, mulai dari korupsi di posisi tinggi hingga pestisida dalam botol kola. Rahasia yang saya kuak telah menjatuhkan sejumlah pemerintahan dan menutup beberapa perusahaan multinasional. Dalam prosesnya, saya menyaksikan keserakahan, kedengkian dan amoralitas manusia dari jarak dekat. Namun tak ada yang membuat saya lebih jijik daripada cerita Vicky Rai.

—–

Halaman pertama saja sudah memikat saya. Arun Advani, seorang jurnalis investigasi, mencoba mengungkap tersangka pembunuhan Vicky Rai. Sosok Vicky sendiri digambarkan sebagai putra pejabat kaya raya, playboy dan bre****k. Ia membunuh gadis pelayan yang menolak menyajikan minuman untuknya. Ironisnya, ia justru terbunuh di pesta perayaan kebebasannya. Dan ketika polisi mengusut perkara ini, ternyata ada enam orang tamu yang membawa senjata.

Sang jurnalis bersama para penyidik kemudian bergelut dengan fakta-fakta mengejutkan. Satu demi satu misteri terungkap dan membuat kita terperangah. Tak sabar ingin sampai ujung tapi juga tak mampu melewatkan satu kalimat pun. Semacam takut jika ada informasi terlewat sebab tanpa sadar ikut menginterpretasikan kejadian sebenarnya.

Jika selama ini saya membayangkan India = Bollywood = melulu cinta dua anak manusia, novel-novel Vikas memberi nuansa berbeda. Ada kritik sosial yang diramu cerdas disana berbalut pesona India…😜

Judul Buku : Six Suspects

Penulis : Vikash Swarup

Penerbit : Bentang Pustaka

Peresensi : Sinta

#resensi 15 januari 2019 di WAG Baca Yuk

*Akhirnya kembali mengudara di Januari 2019…😂

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *