Sehat, Cantik, Produktif

Sehat, Cantik, Produktif

Hei, menghilang kemana aja?? Pertanyaan ini sering terdengar akhir-akhir ini sebab tenggelamnya saya di dunia maya. Facebook tak tersentuh. Jangankan bikin status, share satu berita pun tidak. Hanya sesekali menyempatkan jempol nempel pada beberapa status teman ketika punya waktu senggang. Instagram pun hanya satu dua kali disemarakkan. Apalah lagi twitter yang memang sejak dulu jarang digunakan! Makinlah ia tak tersentuh sama sekali, hehe.... Duh, sesibuk apakah sampai segitunya? Hmmm...nggak sibuk juga sih! Cuma memang sedang mengurangi aktivitas. Beberapa tahun ini, kesehatan terasa menurun. Penyakit yang tak pernah terpikir akan mampir di tubuh setrong ini pun tetiba muncul. Ups, sejujurnya bukan tetiba ya? Hal ini muncul karena gaya hidup buruk yang dijalani selama ini. Bukankah kita hanya menuai apa yang ditanam di masa lalu? Fiuh, rasanya sulit menerima kenyataan bahwa tubuh tak setangguh dulu! Padahal ada dua orang yang harus dirawat : Ama yang sekarang rambutnya telah sempurna memutih dan Mama’ yang meski masih muda namun rentan. Ah, hari ketika melihat semua...
Read More
Manusia dan Ujian

Manusia dan Ujian

Malam itu kami galau. Saya dan seorang sahabat. Menyadari kehidupan yang singkat. Waktu berlalu demikian cepat. Tanpa sadar usia telah makin meningkat. Namun kualitas diri tetap tak berperingkat. Keesokannya galau itu bertambah berat. "Aku pilih tidur", ujarnya. "Aku pilih nonton", saya menimpali. Bentuk pelarian sesaat dari berbagai problem yang tak pernah istirahat. Pekerjaan, keluarga hingga diri sendiri. Semua menumpuk dan membuat mood berantakan. Labil. Layaknya cuaca yang tak bisa diprediksi. Sebentar cerah namun bisa mendadak hujan badai. Ah, entahlah! Kami bicara tentang ujian hidup. Menyadari semakin hari semakin kompleks yang kami hadapi. Jauh sekali dari masa lalu yang serba mudah. Kepusingan kami hanya seputar tugas sekolah atau skripsi. Paling banter berantem dengan teman atau saudara. Sekarang? Alamak...semua numplek blek! Bentuknya melingkar bak benang kusut yang tak jelas mana ujung pangkalnya. Masalah oh masalah. Jika ia merupakan sebuah persoalan yang memerlukan pemecahan, memformulasikan jawaban tepatnya sih mudah. Tinggal tengok syariat Allah, selesai! Al Qur’an punya jawaban atas setiap masalah yang kita hadapi. Allah SWT...
Read More
Pakaian Kerja

Pakaian Kerja

"Mbak, kerja dimana sih??  Boleh ya bajunya seperti itu?”, tanya Mbak karyawan SPBU saat saya sedang khusyuk ngantri pertamax.  Ini bukan pertanyaan pertama yang saya dapat.  Sejak pertama kali bekerja hingga sekarang, tatapan mata heran itu masih sering saya dapatkan.  Dulu teman-teman satu angkatan seringkali merasa “tertipu” jika melihat pakaian saya.  Dari luar terlihat seperti blus dan rok namun ternyata di bagian dalamnya bersambung.  “Mbak, ternyata ini gamis tho??”, mereka heran.  Dan kami pun biasanya akan mulai berdiskusi panjang. Saat bertugas di lapangan rasanya seperti burung lepas dari sangkar.  Bebas!  Pakaian dinas berupa jilbab ala-ala yang menipu mata tadi hanya dipakai saat kegiatan formal saja.  Selebihnya saya lebih suka menggunakan jilbab hitam plus kerudung instan warna-warni yang nyaman dipakai.  Lengkap dengan jaket, masker wajah, sarung tangan dan sepatu kets.  Ehm...dalam beberapa kasus bahkan saya lebih suka sendal jepit, wkwk....  Tak ada suara keras yang protes!  Menurut saya itulah salah satu nikmat kerja di lapangan! Perubahan terjadi saat saya “terpaksa” mulai ngantor.  Jilbab...
Read More